Home / Wisata Lain  / Wisata Kota  / Berpetualang di Kalimantan Selatan dengan Spot Seru dan Menarik

Berpetualang di Kalimantan Selatan dengan Spot Seru dan Menarik

Berpetualang di Kalimantan Selatan

Topik kita kali ini ialah berpetualang di Kalimantan Selatan dengan spot seru dan menarik. Berwisata ke Kalimantan Selatan (Kalsel) yang terlintas pada wisatawan adalah petualangan menyusuri Sungai Barito yang terkenal dengan pasar apungnya. Tetapi di provinsi yang mendapat julukan Banua ini juga menawarkan petualangan yang tidak kalah seru seperti mendaki Gunung Rimpi, menjelajahi Taman Labirin, melihat rumah adat Kalsel.

Berpetualang di Kalimantan Selatan

Berpetualang di Kalimantan Selatan

Kalsel merupakan salah satu provinsi di Kalimantan dengan ibu kotanya Banjarmasin. Provinsi ini terdiri 11 kabupaten dan 2 kota yang banyak didiami suku bangsa di antaranya Suku Banjar Kuala, Suku Banjar Pahuluan, Suku Berangas, Suku Bakumpai, Suku Abal. Kecuali itu, Kalsel juga merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Jika ingin berpetualang di Tanah Borneo, wisatawan akan mendapatkan banyak pilihan objek wisata antara lain wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, wisata minat khusus, wisata kuliner, wisata olahraga, wisata belanja dan lain sebagainya.

Pesona Gunung Rimpi

Salah satu tempat berpetualang di Kalimantan Selatan yaitu Bukit Rimpi. Bukit ini berada di Pelaihari Kabupaten Tanah Laut dan dijuluki Bukit Teletubies, karena bentuk tekstur bukit tersebut landau, tidak curam seperti bukit di film Teletubies. Apabila ditempuh dari Banjarmasin melalui jalur darat sekitar 2 jam perjalanan.

Pelaihari bisa dibilang kota dengan dataran tinggi, sehingga tidak heran jika banyak terdapat gunung maupun bukit. Di antaranya Gunung Kayangan yang merupakan salah satu objek wisata terkenal di Pelaihari dan kini ditambah Bukit Rimpi. Dulu, Bukit Teletubies bukan tempat wisata, tapi digunakan masyarakat sekitar untuk menggembala sapi.

Namun karena panorama yang indah dan menakjubkan, kini Bukit Rimpi menjadi sasaran pendaki gunung dan wisatawan khususnya dari wilayah Kalsel. Oleh karena itu berpetualang di Kalimantan Selatan kurang lengkap bila tidak ke Bukit Rimpi. Selain itu wisatawan juga tidak dikenakan biaya masuk, hanya biaya parker kendaraan. Meski hanya butuh waktu 15 hingga 20 menit untuk mendaki gunung tersebut dengan berbagai rute, terdapat objek bagi yang tidak ingin bersusah payah mendaki.

Objek wisata ini masih baru dan membuat banyak orang penasaran, sehingga wisatawan berbondong-bondong untuk pergi ke sana hanya untuk menikmati keindahan, berburu foto ataupun sekedar refreshing. Pemandangan Bukit Rimpi indah di tengah hamparan padang ilalang, dikelilingi perkebunan kelapa sawit, gunung-gunung dan sapi yang dengan lahap memakan rumput dibiarkan bebas lepas.

Taman Labirin

Selanjutnya tempat berpetualang di Kalimantan Selatan yang seru adalah Taman Labirin. Taman Labirin Pelaihari terletak tidak jauh dari Kota Banjarbaru atau sekitar 30 KM, tepatnya berada di agrowisata di area milik Balai Pengkajian dan Pengembangan Pertanian Terpadu (BP3T) Tambang Ulang, Tanah Laut yang dibuka dari Senin-Jum’at pada pukul 13.00 hingga sore. Sementara hari Sabtu buka dari pukul 08.00.

Labirin adalah sebuah sistem jalur yang rumit, dan berliku-liku serta punya banyak jalan buntu. Di Kabupaten Tanah Laut, pengunjung bisa mencoba merasakan sensasi masuk ke dalam labirin raksasa terbuat dari tanaman rimbun yang direkayasa sedemikian rupa.

Taman Labirin ini merupakan taman terbesar dan terluas di Indonesia. Labirin ini merupakan sebuah taman yang berdinding tanaman menyerupai tembok pembatas. Tinggi tembok pembatas ini yaitu setinggi manusia dan membentuk lorong-lorong dimana tujuan akhir memasuki labirin ini adalah mencapai jalan keluar. Oleh karena itu taman ini cocok sebagai tempat berpetualang di Kalimantan Selatan yang seru dan unik.

Selain unik dan nyaman, di area agrowisata ini tidak hanya Taman Labirin yang bisa ditemui. Terdapat juga penangkaran rusa tutul, danau buatan yang sangat nyaman untuk bersantai, peternakan unggas, kolam ikan dan sebagainya.

Taman Labirin ini sangat cocok bagi yang ingin mengisi liburan dengan hal yang berbeda dan baru pertama ada di Kalsel. Selain fasilitas Taman Labirin di lahan seluas 105,2 hektare ini juga terdapat fasilitas outbound yang representative dan kebun buah sebagai daya tarik wisata tersendiri.

Di tengah Taman Labirin dibuat sebuah menara kurang lebih setinggi 4 meter yang bisa digunakan pengunjung jika ingin melihat taman dari atas. Namun harus bergantian dan hati-hati menaikinya karena tempatnya terbuka.

Rumah Adat Banjar

Jika berkunjung dan berpetualang di Kalimantan Selatan singgahlah ke salah satu rumah adat Banjar yang menjadi cagar budaya dilindungi. Rumah adat ini letak tepatnya di Kota Martapura, ibu kota Kabupaten Banjar. Rumah adat Banjar ini yaitu Bumbungan Tinggi dan Gajah Baluku di Teluk Selong Ulu Martapura Barat. Rumah adat ini masih dihuni oleh keturunan pemiliknya yaitu HM Arif dan HJ Fatimah yang telah dibiarkan seperti aslinya dengan seluruh komponen bangunan terbuat dari kayu.

Martapura merupakan sebuah kota penghasil intan terbesar di Indonesia bahkan di dunia. Di Kota ini banyak terdapat penambang intan. Di samping itu intan dan berlian di Martapura punya kualitas yang baik sehingga jadi tempat berburu intan. Untuk melihat hasil olahan intan dan berlian tersebut cukup datang di Pasar Intan Martapura yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Banjar.

Jembatan Barito

Spot seru lainnya saat berpetualang di Kalimantan Selatan yaitu Jembatan Barito. Jembatan ini berada di Kabupaten Barito Kuala yang berjarak 15 km dari Kota Banjarmasin. Jembatan Barito mempunyai panjang 1.082 meter yang melintasi Sungai Barito selebar 800 meter dan juga Pulau Bakut selebar 200 meter. Jembatan ini juga terdiri dari jembatan utama sepanjang 902 meter dan jembatan pendekat 180 meter dengan lebar 10,37 meter.

Jembatan Barito menjadi akses jalan Trans Kalimantan dari Banjarmasin menuju ke Palangkaraya dan juga sebaliknya. Ketinggian ruang bebas dari jembatan utama yaitu 15 – 18 meter, sehingga dapat dipakai untuk lalu lintas perairan seperti Kapal Tongkang.

Jembatan Barito sering disebut pula Jembatan Pulau Bakut, sesuai nama pulau kecil atau delta yang ada di bawahnya. Sebelum ada Jembatan Barito ini masyarakat sangat mengandalkan jalur transportasi sungai memakai kapal bermotor untuk menuju ke Banjarmasin atau sebaliknya.

Pasar Apung

Semakin jauh Jika berpetualang di Kalimantan Selatan, jangan lupa berpetualang ke Pasar Apung. Ada dua pasar apung yang dapat dikunjungi di Kalsel yaitu pasar apung di Muara Kuin dan Lok Baintan. Pasar apung di Muara Kuin dapat ditempuh dari pusat kota Banjarmasin menggunakan Kelotok atau kapal kecil atau dari beberapa tempat penyewaan kelotok seperti di depan Makam dan Masjid Sultan Suriansyah serta di dermaga.

dari lokasi maka semakin mahal harga sewa kelotoknya, dari yang terdekat berkisar sekitar Rp 150 ribu sampai yang lebih jauh seperti dari Masjid Sultan Suriansyah Rp 300 ribu per kapal. Satu kelotok bisa menampung hingga 10 penumpang.

Di pasar apung Muara Kuin, pengunjung akan disuguhi bagaimana rasanya tidak ada daratan, melakukan aktivitas semuanya di atas air, belanja bahan-bahan kebutuhan pokok pangan harus cekatan dari jukung ke jukung atau sampan. Jangan khawatir bagi pengunjung yang belum sempat sarapan karena berangkat ke pasar apung ini pagi-pagi. Di pasar apung ini banyak penjaja kue-kue dan jajanan maupun nasi bak restoran di atas air.

Namun sekarang, objek wisata untuk berpetualang di Kalimantan Selatan ini kian hari kian berkurang. Karena semakin terdesak oleh budaya darat yang semakin dimudahkan. Tanpa adanya tindak lanjut dari pemerintah, mungkin beberapa tahun ke depan pasar terapung ini akan tinggal kenangan.

Selain pasar apung ada juga objek wisata yang tidak kalah menarik yaitu Pulau Kembang. Pulau Kembang adalah sebuah delta yang terletak di tengah Sungai Barito yang termasuk di dalam wilayah Kecamatan Alalak, Barito Kuala. Pulau ini merupakan habitat bagi kera ekor panjang dan beberapa jenis burung serta ditetapkan sebagai hutan wisata.

Sebelum berpetualang di Kalimantan Selatan usahakan Anda dalam keadaan sehat dan bugar. Untuk menjaga kesehatan konsumsilah produk Synergy WorldWide yang dapat Anda pesan di aplikasi SBiz atau hubungi langsung kami.

Demikian info berkaitan dengan Berpetualang di Kalimantan Selatan dengan Spot Seru dan Menarik, semoga post kali ini mencerahkan kawan-kawan semua. Mohon post wisata Kalimantan Selatan ini dibagikan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi :

Review overview