Home / Wisata Alam  / Wisata Air  / Danau  / Danau Kaco Kerinci Jambi yang Airnya Jernih

Danau Kaco Kerinci Jambi yang Airnya Jernih

Danau Kaco Kerinci

Di postingan ini kami akan ulas perihal Danau Kaco Kerinci yang airnya jernih. Rimbunnya belantara Kerinci menyimpan harta karun berharga yang tak banyak diselami anak manusia. Tepat di jantung Taman NasionaI Kerinci Seblat, Provinsi Jambi itu terdapat sebuah danau berair biru tua yang jernih bak negeri dongeng.

Danau Kaco Kerinci

Danau Kaco Kerinci Jambi

Permukaan danau tampak tenang, menyimpan aura magis yang senantiasa menghipnotis. Ranting-ranting pohon yang jatuh ke dalam Danau Kaco Kerinci terlihat membayang, mengukir kekaguman atas ciptaan Tuhan. Bening seperti kaca, demikian kesan yang pertama kali muncul saat menikmati mahakarya Sang Pencipta yang bernama Danau Kaco ini.

Berada di ketinggian 1289 meter di atas permukaan laut membuat Danau Kaco sepi pengunjung. Selain berada pada ketinggian ribuan meter, mutiara biru ini juga terletak di tengah belantara Taman Nasional Kerinci Seblat. Namun, keeksotisan yang jarang tersentuh tangan manusia itu adalah satu-satunya alasan mengapa tempat ini wajib didatangi. Berbekal peta kawasan dan peralatan mendaki yang lengkap, wisatawan dapat menjelajah seisi belantara Kerinci dan menemukan mutiara biru yang bersarang di antara hijaunya dahan.

Nama Danau Kaco diambil dari bahasa Jambi untuk kata ‘kaca’, Danau ini memang memiliki air sebening kaca, sehingga siapapun dapat bercermin di permukaannya. Selain itu, danau seluas tiga puluh kali tiga puluh meter ini memiliki gradasi warna yang menarik. Tepat di tengah danau yang belum diketahui kedalamannya itu, tersimpan misteri dan legenda yang menyelimuti perjalanan danau ini melintasi lorong waktu.

Sejarah Danau Kaco

Konon masyarakat setempat percaya bahwa pada zaman dahulu hiduplah seorang putri cantik dan jelita yang diidam-idamkan oleh sebagian besar pemuda dan pangeran dari negeri seberang. Tanpa ragu, semua pemuda itu menitipkan batu mulia sebagai bentuk cintanya kepada Raja Gagak, ayahanda sang putri. Namun siapa sangka, Raja Gagak ini cukup serakah dan berhasrat menguasai harta dan tubuh sang putri.

Menurut kisah yang beredar di masyarakat, sang putri dinodai oleh Ayahandanya sendiri. Karena tidak ingin meninggalkan jejak kejahatannya, Raja Gagak pun menenggelamkan sang putri ke danau ini, beserta semua batu mulia yang menjadi harta pinangan itu. Tidak heran, air Danau Kaco Kerinci ini tampak jernih dan kebiru-biruan, bak mutiara dan batu mulia yang tengah memantulkan cahaya.

Bagi wisatawan yang tertarik mengunjungi danau ini dapat bertolak menuju Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, yang dapat ditempuh selama dua jam dari Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi. Setelah memasuki kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, wisatawan dapat berjalan menyusuri hutan sekitar empat jam lamanya. Hijaunya belantara dan udara sejuk khas pegunungan akan membuat perjalanan penuh dengan kesan.

Aneka suara burung endemik turut menjadi pengiring langkah kaki. Selain itu, indahnya warna-warni kupu-kupu hutan akan memanjakan mata tanpa henti di sepanjang perjalanan menuju lokasi. Menjelajahi 1uasnya Hutan Kerinci untuk menemukan Danau Kaco juga menimbulkan debar tersendiri, terlebih diperlukan perjuangan keras untuk dapat menikmati sajian surealis tersebut.

Gunakan Jasa Pemandu

Pengunjung yang baru kali .pertama menyusuri hutan, terlebih belantara Sumatera, disarankan, untuk menggunakan jasa pemandu. Selain untuk menjaga keselamatan, pengunjung juga bisa mendapatkan banyak tambahan informasi terkait tempat yang dikunjungi.

Selama ini memang, alam sumatera selalu menyimpan cerita dan pembelajaran tersendiri bagi masyarakat dan wisatawan yang datang. Diharapkan, dengan mengenal lebih jauh adat istiadat selama melakukan kunjungan, wisatawan akan lebih menjaga diri, sekaligus merasa terkesan dengan kearifan lokal setempat, tak terkecuali di Danau Kaco ini.

Ketika sampai di lokasi, wisatawan dapat mendirikan tenda tepat di tepian danau dan menikmati serpihan cahaya rembulan yang jatuh ke permukaan danau pada malam hari. Sajian alam ini tentu menjadi penghangat bagi liburan wisatawan yang jauh-jauh berkunjung ke Tanah Kerinci. Keindahan Danau Kaco Kerinci seakan terselubung dan tersembunyi di balik rindangnya belantara.

Warna biru yang dihasilkan dari permukaan danau ini tampak kontras dengan hijau alami pepohonan di sekitarnya. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat aneka ikan kecil yang berenang di bawah permukaan danau. Beningnya air membuat pengunjung dapat menikmati gerakan-gerakan ikan itu dengan sangat jelas. Pemandangan ini membuat pengunjung tak henti berdecak kagum dan betah berlama-lama menikmati panorama khas Danau Kaco ini.

Selalu Hati-Hati

Pengunjung dapat berenang dan bercermin di danau yang indah ini. Namun, harus tetap berhati-hati ya, karena fasilitas penunjang kegiatan wisata, seperti alat keamanan bagi pengunjung sangat terbatas. Selain agar bisa pulang ke rumah dengan selamat, menjaga diri saat mengunjungi danau sebening kaca ini juga akan membuat pengunjung, senantiasa bersyukur atas rahmat Tuhan di tanah nusantara ini. Bagaimana? Tertarik bercermin di jernihnya air Danau Kaco Kerinci liburan nanti?

Sebelum bercermin di jernihnya air Danau Kaco Kerinci usahakan Anda dalam keadaan sehat. Untuk menjaga kesehatan konsumsilah selalu produk-produk Synergy WorldWide yang bisa diorder di aplikasi SBiz atau kontak kami langsung.

Demikian informasi perihal Danau Kaco Kerinci yang airnya jernih, semoga postingan ini membantu kalian. Tolong postingan wisata Jambi ini diviralkan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

 

Review overview