Home / Tips Liburan  / Menjadi Wisatawan Berkelas dengan Menjaga Etika saat Liburan

Menjadi Wisatawan Berkelas dengan Menjaga Etika saat Liburan

Menjadi Wisatawan Berkelas dengan Menjaga Etika

Di postingan ini kami akan jelaskan berkaitan dengan Menjadi Wisatawan Berkelas dengan Menjaga Etika saat Liburan. Momen liburan memang momen yang ditunggu oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang bekerja dengan penuh tekanan serta jarang mendapatkan kesempatan untuk libur. Tak jarang orang yang berlibur rela menggelontorkan uang dalam jumlah banyak agar mereka bisa melepaskan rasa stres yang didapatkan saat bekerja.

Menjadi Wisatawan Berkelas dengan Menjaga Etika

Menjadi Wisatawan Berkelas dengan Menjaga Etika

Melepas stres ini kemudian mereka lakukan dengan berbagai cara seperti pergi ke tempat dengan pemandangan yang indah hingga ke taman bermain yang memacu adrenalin. Dalam berlibur, orang biasanya benar-benar melepaskan beban mereka. Dalam artian lain, orang yang pergi liburan biasanya akan memakai pakaian yang mereka suka. Tidak peduli apapun bentuknya serta bertingkah laku yang cenderung semaunya. Hal tersebut kemudian mereka dasarkan pada alasan yang sama yaitu untuk melepas penat.

Padahal, sejatinya liburan bukanlah momen untuk bertindak tanpa batasan, mengingat tempat liburan adalah tempat umum yang juga digunakan oleh orang lain. Tak jarang, karena tingkah laku semaunya ini, turis menjadi dibenci oleh sesama turis, bahkan warga sekitar. Guna menghindari hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Pelajari dengan baik seluk beluk mengenai destinasi tujuan liburan

Hal ini jelas sangat perlu dilakukan. Terlebih apabila destinasi liburan tempatnya jauh dari tempat tinggal dan memiliki perbedaan budaya. Dengan mempelajari destinasi liburan dan mengenal budaya di tempat liburan, kemungkinan gesekan karena perbedaan budaya dan kebiasaan bisa dihindari.

Sesuaikan barang bawaan dengan tempat tujuan

Setelah mempelajari destinasi, cocokkan barang bawaan dengan tempat tujuan. Hal ini menjadi sangat penting mengingat beberapa tempat dengan budaya yang berbeda terkadang melarang atau bahkan menganjurkan turis untuk membawa suatu barang. Seorang turis juga perlu memperhatikan hal ini. Agar ke depan, risiko mendapat turis yang norak dan semaunya sendiri bisa dihindari.

Cocokkan pakaian dengan tempat liburan

Langkah ini bisa dibilang sebagai langkah yang sangat krusial dalam pergi liburan. Contoh sederhana dari hal ini adalah ketika pergi berwisata ke tempat yang kental akan nuansa agama budaya, usahakan agar tidak menggunakan pakaian yang terbuka. Hal ini dilakukan semata-mata untuk menghargai destinasi dan warga yang tinggal di sekitar destinasi tersebut.

Bertingkah laku wajar dan taati peraturan!

Ini adalah hal terakhir agar bisa menjadi wisatawan yang berkelas saat liburan. Banyak wisatawan tidak memperhatikan lingkungan tempat mereka liburan dan bertindak seenaknya. Sebagai contoh, banyak wisatawan yang malah menginjak-injak situs peninggalan sejarah demi mendapatkan foto yang bagus. Padahal, situs tersebut adalah situs yang berusia ratusan tahun yang sangat rapuh dan rentan rusak.

Hindari untuk mencoret-coret situs wisata

Contoh lain adalah hobi mencoret-coret situs wisata. Beberapa orang mungkin tidak melakukannya. Mereka lebih senang menikmati tempat dan berfoto untuk mengabadikan kenangan. Namun sayang, beberapa yang lain mengabadikannya dengan cara mencoret-coret fasilitas dan tempat umum destinasi liburan.

Jelas apabila hal ini dilakukan, turis bukan mendapat rasa hormat dari warga, malahan mendapat reaksi yang negatif. Reaksi negatif yang muncul ini jelas bukan hanya dari warga sekitar namun juga dari sesama turis yang merasa tidak nyaman.

Langkah-langkah di atas merupakan upaya untuk menjadi wisatawan berkelas ketika liburan. Bukan tanpa alasan. Dengan menjadi wisatawan berkelas yang dihormati, kebanggaan pribadi jelas bisa diraih. Bukan tidak mungkin justru akan membuka jalan untuk meraih keuntungan di masa depan.

Demikian info mengenai Menjadi Wisatawan Berkelas dengan Menjaga Etika saat Liburan, kami harap artikel ini membantu kalian. Kami berharap artikel ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Review overview