Home / Wisata Lain  / Kuliner  / Olahan Susu Kerbau yang Unik di Tapanuli

Olahan Susu Kerbau yang Unik di Tapanuli

Olahan Susu Kerbau

Kali ini kami akan bahas seputar olahan susu kerbau yang unik di Tapanuli. Pada umumnya susu maupun keju disajikan dalam bentuk cair atau lelehan untuk menambah cita rasa dalam sebuah makanan. Di Sumatera Utara tepatnya di Tapanuli, ada kuliner khas dan unik dengan bahan utama susu. Bedanya, susu yang digunakan bukan susu sapi, melainkan susu kerbau.

Olahan Susu Kerbau

Keunikan Olahan Susu Kerbau di Tapanuli

Panganan ini diolah dengan melewati proses pembekuan, dimasak secara tradislonal tanpa bahan tambahan yang membahayakan, kemudian diperjualbelikan. Nama dari sajian unik ini adalah Dali ni Horbo.

Bagi Anda yang baru pertama kali melihat penampakan Dali ni Horbo, Anda mungkin akan menyebut makanan ini sebagai keju dari Tapanuli. Tekstur dan proses pembuatannya memang hampir sama. Para pelancong asing yang biasanya menamakan makanan ini sebagai keju Batak, dan sering disamakan dengan keju di daerah asalnya. Bila menilik dari keberadaannya, olahan susu kerbau ini telah ada sejak lama dalam kehidupan masyarakat Batak.

Dali ni horbo atau bargo ni horbo memiliki bentuk yang mirip dengan kotakan tahu. Penamaannya berasal dari kata dali atau bagot dalam bahasa Batak yang memiliki makna susu, sedang horbo berarti kerbau. Pembuatan keju batak ini tidaklah sulit. Semua bahan yang digunakan sangat sederhana, antara lain susu kerbau dan air perasan dari buah nanas yang masih segar.

Susu yang digunakan dalam pengolahn ini diambil dari kerbau yang memiliki anak berumur 1 – 8 bulan. Sedangkan penggunaan nanas memiliki manfaat untuk membantu dalam proses pengentalan Dali ni Horbo serta menghilangkan aroma amis dari susu. Ada pula yang menambahkan air perasan air pepaya untuk menambah rasa.

Proses pembuatan olahan susu kerbau (dali ni horbo) dilakukan dengan memasukkan susu kerbau ke panci yang bersih. Lalu direbus selama 10 menit hingga mendidih untuk mematikan kuman atau mensterilkan secara sederhana. Setelah itu api kompor dikecilkan dan air perasan nanas ditambahkan sampai menjadi kental. Apabila tekan ke cetakan dan ditunggu hingga dingin. Hal ini dapat juga bantuan mesin pendingin agar semakin segar.

Cara Memasak Susu Kerbau

Dali ni horbo memiiiliki tekstur yang lembut seperti tahu dengan aroma susu yang khas. Panganan ini dapat langsung dimakan. Namun dalam kebiasaan Batak, olahan susu kerbau ini dimasak menggunakan bumbu arsik dengan menambahkan bawang rambu, daun ubi, dan andaliman dimasak hingga airnya mengering. Arsik merupakan bumbu khas Batak yang juga digunakan daiam memasak ikan naniura.

Setelah airnya hampir habis, maka da1i ni horbo ini siap untuk disantap dengan nikmat. Karena rasanya yang gurih, dali ni horbo akan menambah selera makan. Cita rasa dali ini akan lebih terasa apabila disantap bersama antarasa, yaitu sejenis lalap spesifik yang merupakan buah biji-bijian dari tumbuhan Toba berwarna hijau dengan wujud yang hampir sama dengan biji lada muda.

Tradisi pengolahan susu kerbau jadi santapan dali ni horbo yang nikmat ini telah dimulai oleh para leluhur orang Batak. Kebiasaan ini ada semenjak terdapat perkumpulan orang Batak yang di masyarakat Tapanuli dan menjadi menu utama dengan adanya di setiap rumah mereka. Santapan ini biasanya dimakan tanpa nasi, biasanya dihidangkan dengan makanan khas lainnya yang dapat membuat lidah merasakan nikmat yang luar biasa.

Kandungan Susu Kerbau

Susu kerbau mempunyai kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Susu kerbau mengandung protein yang sangat tinggi di dalamnya. Ditambah lagi kandungan sembilan asam amino yang sangat cocok untuk orang lanjut usia. Manfaat mengonsumsi olahan susu kerbau yaitu bisa melindungi dan menjaga kesehatan otot di usia masa muda maupun tua.

Di samping itu, ada juga berbagai macam mineral, seperti kandungan kalsium yang tinggi, magnesium, fosfor dan potasium. Hal ini membuat susu kerbau ini bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang keropos atau biasa disebut osteoporosis.

Selain itu dengan kandungan zat besinya berguna untuk mencegah tekanan darah tinggi, anemia dan memperbaiki fungsi otot. Susu kerbau ini mengandung vitamin B12 dan riboflavin, vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, vitamin C yang bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin 86, tiamin, asam folat dan niasin.

Dibandingkan dengan jenis susu-susu lainnya, susu kerbau mempunyai kandungan kolesterol yang relatif sedikit. Sehingga aman bagi penderita diabetes karena bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Kandungan lemak di dalam susu kerbau ini lebih tinggi daripada lemak dalam susu sapi. Sehingga bagus untuk program penambah berat badan dan juga bisa meningkatkan masa otot.

Hasil olahan susu kerbau (keju Batak) ini tersedia di beberapa kawasan pasar tradisional Sumatera Utara. Khususnya mulai dari Parapat, Tarutung (Toba) hingga ke Pulau Samosir. Hampir semua rumah makan yang ada di daerah tersebut menyajikan makanan unik ini. Santapan ini dapat juga ditemukan di daerah Balige yang biasanya dapat disantap di lapo-lapo Batak.

Sebelum makan olahan dari susu kerbau dan liburan ke Tapanuli, usahakan Anda dalam keadaan sehat. Untuk menjaga kesehatan konsumsilah produk Synergy WorldWide yang bisa diorder di aplikasi SBiz atau hubungi kami aja.

Demikian info seputar keunikan olahan susu kerbau di Tapanuli, kami harap postingan ini mencerahkan teman-teman semua. Tolong postingan santapan susu kerbau ini dibagikan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Review overview