Di artikel ini kami akan bahas perihal Mengintip Penangkaran Buaya 3 Jenis di Balikpapan. Balikpapan meski belum dikenal sebagai tempat tujuan wisata, bukan berarti tidak ada yang bisa dinikmati ketika singgah di kota minyak ini. Penangkaran Buaya Teritip Balikpapan terletak di 28 km dari pusat kota. Melihat buaya di habitat aslinya mungkin akan membuat sebagian besar orang ketakuta. Tapi berbeda jika berkunjung ke lokasi Penangkaran Buaya Teritip.

Mengintip Penangkaran Buaya

Mengintip Penangkaran Buaya di Balikpapan

Tempat wisata alternatif ini cocok sekali untuk melihat buaya dari dekat tanpa harus merasa was-was. Sebelum masuk area penangkaran buaya ini, pengunjung akan disambut dua patung buaya setinggi 1,2 meter. Patung ini sengaja dibuat menarik supaya tidak terkesan menyeramkan dengan tiket masuk Rp 15 ribu per orang.

Ada tiga jenis buaya yang ditangkarkan di Teritip yaitu Buaya Muara, Buaya Supit dan Buaya Air Tawar. Buaya ini kebanyakan berasal dari Kalimantan, tepatnya di area DAS Mahakam seperti Samarinda, Sangatta ataupun Bontang.

Jumlah buaya yang ada di penangkaran ini ada sekitar 1,5 ribu ekor atau terbesar di Kalimantan Timur. Buaya-buaya ini ditempatkan di beberapa kolam yang dibagi-bagi menurut usianya yaitu kategori anakan, penggemukan, remaja dan induk.

Di lokasi penangkaran, para pengunjung juga dapat menonton atau memberi makan buaya-buaya itu. Untuk menonton tidak dipungut biaya, tapi pengunjung harus datang tepat ketika para penjaga sedang memberi makan buaya-buaya. Sedangkan jika ingin memberi makan, pengunjung harus membeli ayam yang disediakan di lokasi penangkaran. Penjaga akan melemparkan ayam tersebut ke dalam kolam, saat itu biaya-biaya di dalamnya akan berebut ataupun berkelahi demi mendapatkan santapannya.

Kuliner Sate Buaya

Penikmat wisata kuliner ekstrem juga patut mempertimbangkan berkunjung ke lokasi penangkaran ini. Karena selain bisa mengintip penangkaran buaya, di tempat ini juga tersedia Sate Buaya seharga Rp 3 ribu per tusuk.

Selain itu, pengunjung juga bisa membeli berbagai souvenir berbentuk buaya untuk dijadikan oleh-oleh dari Penangkaran Buaya Teritip. Antara lain dompet dan ikat pinggang kulit buaya, asbak dan patung buaya. Satu lagi yang tidak kalah menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Yaitu Tangkur Buaya khusus untuk para pria dewasa yang ingin meningkatkan stamina dan vitalitas.

Demikian info mengenai Mengintip Penangkaran Buaya Tiga Jenis di Balikpapan, kami harap postingan kali ini membantu kawan-kawan semua. Kami berharap postingan wisata di Kalimantan Timur ini diviralkan supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *