Topik kita sekarang adalah Pendap Bengkulu kuliner khas sehat nan lezat. Pendap merupakan satu di antara sekian banyak makanan khas Bengkulu yang sudah dikenal sejak masa Hindia-Belanda. Menurut sejarah, Pendap menjadi makanan yang digemari oleh Presiden RI Soekarno kala diasingkan di bumi Rafflesia dari tahun 1938-1942 silam. Makanan ini memiliki bentuk seperti pepes ikan dengan perbedaan pada daun yang digunakan untuk membungkus serta tali sebagai pengikatnya.

Pendap Bengkulu

Pendap Kuliner Khas Bengkulu

Olahan dengan bahan utaman ikan gabus ini, dibungkus menggunakan daun talas dan dapat juga daun pisang yang kemudian diikat menggunakan tali rafia tipis. Pemilihan ikan gembung sebagai bahan utama, memiliki nilai lebih berupa gizi yang ada di dalamnya, seperti omega 3 sebagai asam lemak esensial yang penting bagi tubuh sebagai upaya mencegah serangan jantung dan mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Pendap merupakan masakan khas tradisional Bengkulu yang sudah ada dari turun-­temurun sejak jaman nenek moyang. Keberadaan Pendap masih menjadi makanan favorit di tengah serbuan makanan siap saji di aneka resto mal terkemuka di kota ini. Layaknya makanan padang, yang mudah dijumpai di berbagai daerah, makanan ini sudah dikenal di beberapa kota lain. Seperti di Lampung, Palembang, Jambi, serta Pangkal Pinang yang tertera di rumah makan setempat.

Bahkan ia mampu menjadi andalan hingga ke luar negeri. Kenikmatan akan rasa Pendap Bengkulu terdiri dari rasanya berupa pedas dan gurih. Sangat tepat apabila dinikmati bersama nasi hangat sebagai santapan lezat penambah selera. Kelezatan kuliner ini ternyata mampu diterima oleh lidah orang-­orang dari luar negeri, seperti :

  • Jepang,
  • Australia,
  • Belgia,
  • serta masih banyak lagi.
Keistimewaan Pendap

Keistimewaan akan kuliner Pendap Bengkulu, makanan ini pernah menjadi judul salah satu lagu yang dirilis dalam album lagu daerah Bengkulu sekitar tahun 1990-­an. Olahan ini terbuat dari beraneka ragam rempah seperti :

  • ketumbar,
  • kemiri,
  • laos,
  • daun jeruk purut,
  • bawang merah,
  • bawang putih,
  • asam pede, dan
  • kunyit.

Bumbu yang telah dihaluskan kemudian dicampur merata dengan parutan kelapa muda. Campuran bumbu dengan parutan kelapa tersebut selanjutnya dibungkus dengan daun talas yang sebelumnya dimasukkan potongan ikan. Lalu dikukus selama kurang lebih 8 jam untuk mendapatkan ikan dan tulang serta bumbu harus dipastikan lembut sehingga nikmat saat dimakan. Untuk membuat pendap dibutuhkan ikan laut segar, daun keladi berumur satu minggu.

Walaupun bahan utamanya menggunakan ikan gabus, bisa juga digantikan dengan jenis ikan lainnya, seperti ikan kakap merah, ikan jemiin, atau ikan lainnya. Daun keladi umur satu minggu dicuci serta dibersihkan tulang daunnya agar tidak memicu gatal. Balutan daun talas yang legit serta kaya akan zat gizi, melengkapi kenikmatan setiap gigitan pendap.

Pendap Bengkulu tidak akan basi selama lima hari, jadi kalau dikirim ke luar negeri seperti Eropa dan Amerika atau dibawa mereka oleh warga setempat yang bekerja di luar negeri. Sehingga, para penjual yang menyediakan masakan ini, mampu menguliahkan anak-anaknya serta memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, terdapat kebangaan bagi mereka sebab dapat memasak makanan yang telah dinikmati oleh banyak tokoh nasional maupun pejabat daerah. Kemampuan memasak pendap, didapat dari warisan orang-orang sebelumnya secara turun temurun.

Sejarah Kuliner Pendap Bengkulu

Dikisahkan bahwa pendap merupakan makan dari para raja dan bangsawan Bengkulu. Dahulu, di Bengkulu terdapat beberapa keturunan bangsawan atau raja, di antaranya Raja Betuah, Raja Bilang, Raja Abus. Semua keturunannya menyebar di seluruh daerah Bengkulu, hingga makanan khas daerah seperti pendap dikabarkan dari para tokoh ini. Pengunjung yang sedang bepergian di Bengkulu, ada banyak tempat untuk menikmati gulai pendap di rumah makan yang biasanya akan menyediakan menu wajib ini.

Harga yang dipatok penjual Pendap Bengkulu beragam antara Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Hingga saat ini peminat makanan khas pendap ini masih saja ramai, dan itu tidak hanya dari warga sekitar ataupun warga Bengkulu lainnya. Bahkan warga dari luar Provinsi Bengkulu seperti dari, Palembang, Lampung, Bandung bahkan sampai ke Pulau Ternate menjadi penikmat sajian kuliner khas ini.

Demikian informasi mengenai Pendap Bengkulu kuliner khas sehat nan lezat, semoga postingan ini bermanfaat untuk Anda. Tolong postingan kuliner khas Bengkulu ini disebarluaskan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya