Pembahasan kita sekarang ialah wisata Gunung Dempo dan sekitarnya yang lengkap. Gunung Dempo merupakan gunung berapi yang memiliki dua puncak dengan ketinggian 3.159 mdpl dan puncak dua (puncak tertinggi) 3.259 mdpl. Di antara kedua puncak tersebut dipisahkan oleh tanah lapang luas yang biasa disebut dengan “pelataran”. Kawasan ini menawarkan panorama pemandangan yang indah dengan hamparan ladang petani serta hijaunya kebun teh.

Wisata Gunung Dempo

Lengkapnya Wisata Gunung Dempo dan Sekitarnya

Dalam melakukan pendakian, terdapat sensasi yang membuat ketagihan untuk mereka yang sangat menyenangi perjalanan panjang menuju puncak demi puncak gunung. Bertemunya harmoni alam mampu menghilangkan lelah yang telah lama bersemayam saat perjalanan menuju puncak. Perjalanan untuk menuju gunung tertinggi di Sumatera Selatan dimulai dengan perjalanan sekitar 30 menit dari titik pendakian untuk sampai Pintu Rimba.

Perjalanan ke wisata Gunung Dempo semakin menanjak hingga sampai shelter 1, yang memerlukan waktu sekitar dua jam perjalanan dari Pintu Rimba. Dari shelter 7 ke shelter 2 trek diwarnai medan berakar, sangat licin terutama setelah hujan dengan sebagian berlumpur. Setelah shelter 2, perjalanan semakin menanjak dari yang sebelumnya hingga sampai di puncak 1. Membutuhkan sekitar tiga jam dari shelter 2 hingga sampai di puncak 1. Perjalanan dilanjutkan dari Puncak 1 turun menuju pelataran, dengan waktu cukup 10 menit.

Pagi harinya, para pendaki dapat menikmati puncak utama Dempo yang dapat ditempuh kurang lebih satu jam untuk perjalanan santai. Pemandangan sekitar wisata gunung Dempo luar, biasa indah, meliputi Bukit Barisan, kota Pagaralam, Tanjung Sakti, Jarai, Curup dan sebagainya. Setelah itu, dapat berziarah ke makam Pu-Yang yang konon merupakan pembuka jalur pendakian yang meninggal sekitar tahun 1963-an.

Untuk turun kembali ke Pelataran, banyak sekali jalur naik-turun puncak-pelataran yang berpusat di tujuan yang sama: puncak dan pelataran. Banyaknya pilihan jalur ini, menjadikan pendaki sulit untuk turun dengan jalan sama saat mendaki. Bahkan untuk mereka yang telah berkali-kali mendaki, tidak dapat turun dengan jalan yang sama saat naik. Mereka selalu lewat jalan dengan rute yang berlainan, meskipun berakhir di tujuan yang sama.

Letak Gunung Dempo

Terletak tepat di perbatasan antara provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu di pantai barat Sumatera. Gunung Dempo terletak di distrik yang disebut Pagar Alam yang dikelilingi oleh bukit-bukit dan lereng gunung. Dibutuhkan sekitar 7 jam mengemudi untuk mencapai Pagar Alam dari Palembang, dan untuk menuju wisata Gunung Dempo, dari tempat ini membutuhkan waktu 15 menit. Pengunjung akan disajikan dengan pemandangan yang memesona dari tebing dan lembah disertai dengan udara yang segar.

Pemandangan yang menyenangkan dari perkebunan teh, menjadi bagian yang menarik pengunjung. Kebun Teh Pagaralam berada pada ketinggian sekitar 1520 meter di atas permukaan laut yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VII. Tak hanya ada perkebunan teh, terdapat banyak perkebunan kopi.

Kopi Pagar Alam terkenal di kalangan penggemar kopi, khususnya, rasa tak terbantahkan dari Kopi Luwak. Kopi unik yang diproses oleh musang liar yang menciptakan satu jenis rasa, yang terkenal dengan kualitasnya yang telah diakui oleh banyak orang. Di kawasan ini, pengunjung akan menemui para penjual oleh-oleh khas Pagaralam, seperti kopi, teh, hingga figura senjata kudok.

Situs Prasejarah di sekitar Gunung Dempo

Salah satu wilayah Pagar Alam, terdapat situs prasejarah Tangga Batu. Di tempat ini, pengunjung akan menemukan berbagai batu pahatan dalam bentuk yang sederhana dari kepala manusia, hewan dan sejenisnya. Sisa-sisa kuno tanggal kembali ke era Megalitik. Dan sisa-sisa kuno ini juga masih tersebar di seluruh daerah di sekitar wisata gunung Dempo.

Selain itu, terdapat pula air terjun Lematang Indah yang terletak tidak terlalu jauh dari Gunung Dempo. Wisata air ini dapat menjadi tempat alternatif sebagai pelengkap perjalanan alam para pelancong. Di air terjun Lernatang Indah, pengunjung akan dimanjakan oleh keindahan dari gemericik air terjun dengan sungai yang mengalir di bawah. Sungai tersebut menyediakan arus yang menantang untuk arung jeram, tambahan yang sempurna setelah menaklukkan puncak Gunung Dempo.

Sekian informasi seputar wisata Gunung Dempo dan sekitarnya yang lengkap, semoga postingan ini bermanfaat untuk teman-teman semua. Kami berharap postingan wisata sumsel ini dishare biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Post not found !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *